Kiai Hologram oleh Emha Ainun Nadjib

Kiai Hologram adalah buku Cak Nun kesekian yang saya baca. Saya membaca buku beliau karena tertarik dengan cara beliau memandang suatu peristiwa. Dari buku-bukunya, saya belajar mengambil hikmah.

Seperti buku-buku sebelumnya, beliau menghikmahi kejadian-kejadian di sekitarnya. Kali ini, selain tentang kemasyarakatan, beliau juga sedikit bercerita tentang keluarganya di bagian pertama buku ini. Selain itu, beliau membagikan pemikiran-pemikiran yang dibahas selama acara kenduri cinta, atau maiyah-an.

Ada beberapa kutipan menarik yang saya ambil dari buku ini, termasuk paragraf berikut.

Pribumi itu bukan siapa kita, apa warna kulit kita, apa agama kita. Pribumi itu bukan personalitas, bukan pula identitas. Pribumi itu komitmen kepada rakyat karena kita sendiri adalah rakyat, bukan yang berkuasa atas rakyat.

Hal. 219

Paragraf tersebut saya artikan sebagai sindiran bagi pemimpin yang datang dari kalangan “rakyat”, namun kemudian menjadi “elitis”. Kebijakan-kebijakan yang dibuat tidak lagi memihak kepada “rakyat”, sehingga boleh kita mengeluarkan personil tersebut dari himpunan “rakyat”.

Di halaman lain, saya menemukan satu hal berkaitan dengan ketuhanan-keagamaan yang menambah wawasan saya.

Kalau manusia mencari Tuhan, itu namanya rasa keagamaan atau religiositas (berkaitan dengan ibadah muamalah). Kalau Tuhan menginformasikan, menghidayahi, menyuruh, melarang, itu namanya agama atau religion (berkaitan dengan ibadah madhloh). Tanda agama adalah kalau ada ibadah madhloh. Karena kalau ibadah muamalah, meskipun juga baik, ia bukan agama melainkan rasa keagamaan.

Hal. 275

Buku-buku Cak Nun memang mengandung banyak hikmah yang bisa kita pelajari. Namun, sebagai pembaca non-jawa, saya merasa ada beberapa kata dalam bahasa Jawa yang seharusnya dibuatkan pengartiannya dalam bahasa Indonesia. Saya mahfum bahwa tidak semua kata dalam sebuah bahasa dapat dengan mudah diartikan ke bahasa lain, tapi membiarkan pembaca tersesat sedikit mengurangi kedekatan pembaca dengan buku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s